LK 3.1 Menyusun Best Practices//Willy Ryanto Meak,S.Pd
LK 3.1 Menyusun Best Practices
Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice) Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak) Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Pembelajaran
Lokasi |
SMA Negeri 1 Kaureh |
Lingkup Pendidikan |
SMAN |
Tujuan yang ingin dicapai |
Meningkatkan minat baca siswa dalam menentukan nilai-nilai dalam teks cerpen |
Penulis |
Willy Ryanto Meak,S.Pd |
Tanggal |
05 Desember 2022 |
Situasi: Kondisi yang menjadi
latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi
peran dan tanggung
jawab anda dalam praktik ini. |
Latar belakang dari praktik pembelajaranini adalah: 1. Peserta didik lebih memilih melihat
resensi daripada membaca
buku ketika diminta
untuk membuat jurnal baca yang harus disetor 2. Peserta didik malas membaca dan memilih kegiatan yang lain yang melibatkan gawai. Dari dua point
di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa minat baca siswa sangat
rendah, termasuk membaca
cerpen. Minat baca siswa ini merupakan salah
satu dampak dari penggunaan gawai secara terus menerus. Siswa bosan jika
disuguhkan teks berlembar-lembar. Praktik itu dibagikan guna dijadikan referensi dan juga inspirasi bagi guru-guru yang lain apabila
sedang menghadapi masalah
yang sama. Dibagikannya video ini diharapkan dapat
mendapat kritikan atau masukan untuk perbaikkan kedepannya. Saya berperan sebagai
guru mempunyai tanggung jawab untuk melakukan pembelajaran ini secara
efektif. Pembelajaran dengan menggunakan model,
metode, dan media yang menarik
diharapkan mampu meningkatkan minat belajar siswa. Penyediaan hal-hal tersebut
juga merupakan salah
satu tanggung jawab dari saya sebagai guru. |
Tantangan : Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja
yang terlibat, |
Tantangan yang muncul
ketika ingin mencapai
tujuan pembelajaran diantara
lain: a. Lingkungan luar sekola siswa belum menanamkan kebiasaan membaca. b. Tingkat ekonomi yang
relatif rendah sehingga membeli buku bukanlah sebuah kebutuhan. c. Tidak tersedianya buku di lingkungan keluarga juga diperparah dengan kondisi
perpustakaan yang kurang
memadai. d.
Situasi
pembelajaran yang kurang mendukung gerakan literasi
atau membaca |
|
e. Guru tidak menjadi role model
untuk siswanya dalam hal membaca. f. Penyebab terbesar
di era digital saat ini adalah perkembangan teknologi yang tidak
dibarengi dengan kemampuan literasi. Pihak yang terlibat dari beberapa tantangan di atas antara
lain adalah pihak
guru itu sendiri
sebagai role model
siswa. Selain itu, sekolah juga berperan sebagai
penyedia bahan bacaan.
Diluar lingkungan sekolah, pihak keluarga juga berperan dalam
pembentukan karakter gemar membaca. |
Aksi : Langkah-langkah
apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/ strategi apa yang digunakan/ bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat / Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini |
1. Langkah-langkah
yang dapat guru ambil diantaranya adalah menyediakan bahan
bacaan baik berupa
cetak maupun digital.
Selain itu, pembelajaran dengan model konvensional harus diganti dengan
pembelajaran yang lebih inovatif dan menyenangkan. 2. Salah satu strategi yang digunakan adalah
dengan menggunakan model pembelajaran PBL dan kooperatif tipe windows shopping yang akan membuat
siswa lebih aktif dalam penyediaan serta penyampaian dan penerimaan materi.
Selain model pembelajaran, penyediaan bahan bacaan dengan menggunakan barcode
dapat mempermudah siswa dalam mengakses sebuah situs bacaan
yang sudah disediakan guru. 3. Pihak yang terlibat
dalam kegiatan ini anatara lain
adalah kepala sekola
yang memberikan keleluasaan siswa unuk membawa
HP sehingga mampu mempermudah proses
pembelajaran inovatif. Selain itu, guru menjadi salah satu pihak yang paling utama, karena
selain sebagai fasilitator, guru juga sebagai
pembimbing dan penentu
keberhasilan proses pembelajaran siswa. 4. Sumber daya yang dibutuhkan adalah
sumber daya manusia
dalam hal penguasaan teknologi. Saat ini siswa cenderung akan lebih tertarik jika belajar menggunakan teknologi dan tidak
melulu buku cetak.
Selain itu, barang-barang bekas disekitar lingkungan sekolah juga dapat dimanfaatkan seperti
halnya banner bekas yang dapat
digunakan sebagai media
tempel dalam model windows shopping yang diterapkan. Selain
sumber daya, materi yang dibutuhkan dalam pembelajaran ini adalah nilai-nilai yang |
|
terdapat dalam teks cerpen
yang bisa diterapkan dalam realita kehidupan. |
Refleksi Hasil dan dampak Bagaimana dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan? Apakah
hasilnya efektif? Atau tidak efektif? Mengapa? Bagaimana respon
orang lain terkait
dengan strategi yang dilakukan, Apa yang menjadi
faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan? Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut |
1. Dampak yang dihasilkan adalah siswa menjadi
lebih aktif ketika
mencari dan membuat
display untuk presentasi. Selain itu siswa
juga lebih aktif
dalam mempersiapkan diri untuk mempelajari materi yang akan mereka sampaikan kepada kelompok lain. Keaktifan ini dipicu oleh rasa persaingan antar kelompok karena
adanya penilaian dari
kelompok lain berupa
bintang dan komentar. 2. Hasil yang diperoleh sangat efektif jika dibandingkan dengan pembelajaran kooperatif dengan metode
presentasi konvensional. Siswa menjadi lebih
aktif dan kreatif
dalam hal menyediakan, menyampaikan, dan mencari
pengetahuan. 3. Beberapa respon
yang saya dapat sangat positif. misalnya dengan penggunaan banner bekas
sebagai media di metode tipe ini, guru-
guru yang lain menjadi lebih
hemat karena awalnya
menggunakan kertas asturo yang sekali
buang sekarang bisa menggunakannya berulang kali. Selain itu, pembelajaran tipe ini dirasa lebih efektif dalam pembelajaran dengan
tipe siswa pasif 4. Faktor keberhasilan pembelajaran dengan tipe ini salah satunya
adalah kebijakan sekolah
yang memperbolehkan siswa
membawa HP sehingga proses pencarian informasi berjalan cepat. Selain
itu, beberapa teman guru juga memberi
masukan sehingga pembelajaran selalu mendapatkan perbaikan. |
Komentar